Cara Mengganti Karet Shockbreaker Bagian Belakang Vespa

Cara Mengganti Karet Shockbreaker Bagian Belakang Vespa

Vespa milikmu kurang nyaman digunakan? Jika iya, bisa saja penyebabnya adalah terdapat bagian atau part dari Vespa yang sudah tidak layak dipakai atau digunakan. Tentu saja, sudah jadi kewajiban setiap pengendara Vespa untuk melakukan cek ulang terhadap part atau bagian yang bermasalah.

Setelah merasa kurang nyaman mengendarai Vespa, biasanya setiap pengendara Vespa akan memperbaiki atau langsung mengganti part maupun bagian yang sudah tidak layak pakai. Pasalnya, jika tidak diganti maka pengalaman mengendarai Vespa tidak nyaman lagi.

Salah satu hal yang bisa menyebabkan Vespa kurang nyaman saat mau digunakan adalah kaki-kaki yang tidak bekerja secara optimal. Bisa saja masalah terjadi pada roda ataupun shockbreaker dari Vespa. Utamanya, masalah sering terjadi pada shockbreaker yang digunakan.

Pada umumnya, pengendara Vespa jarang memperhatikan karet-karet yang terdapat dalam shockbreaker. Padahal kondisi dari karet shockbreaker yang baik akan menambah kenyamanan mengendarai Vespa. Kamu perlu cek apakah karet shockbreakernya masih layak pakai atau tidak.

Cara Mengganti Karet Shockbreaker yang Baru

Nah, jika setelah melakukan pengecekan kamu tahu kalau karet shockbreaker sudah tidak layak, tentu kamu harus segera menggantinya. Bagi yang belum tahu cara menggantinya, kami sudah sediakan beberapa langkah utama. Berikut penjelasannya:

  1. Ketahui Masalahnya Terlebih Dahulu

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui masalahnya terlebih dahulu. Bisa saja karet Vespa yang kamu gunakan memang sudah tua. Setelah itu, ketahui juga karet shockbreaker mana yang akan diganti.

Sekadar informasi, karet shocbreaker pada Vespa dibagi menjadi dua. Karet pertama letaknya di area rengkes mesin. Sedangkan yang kedua ada di sebelah atas shockbreaker.

Biasanya shockbreaker bagian atas tersebut banyak disebut dengan istilah karet tahu. Kamu bisa menyebutkan karet tahu jika memang sudah paham mengenai bentuknya. Masing-masing karet juga punya karakteristik tersendiri.

Karet pertama yang terletak di rengkes mesin biasanya berbentuk oval. Selain itu juga ada lubang yang di bagian tengahnya ada selongsong as. Biasanya selongsong as dimanfaatkan untuk memasukkan baut yang fungsinya pengunci shock bagian bawah.

  1. Lepas Karet yang Berbentuk Oval

Nah, jika sudah tahu masalahnya dan kamu menemukan masalah terdapat pada karet shockbreaker di bagian rengkes mesin, selanjutnya kamu wajib melepaskan karet tersebut lebih dulu.

Saat akan melepasnya, baut as tumpuan dari shockbreaker wajib lepas terlebih dahulu. Setelah itu baru karet bisa dikeluarkan. Kalau karetnya hancur prosesnya jauh lebih mudah karena bisa langsung mencongkelnya.

Jika susah dilepas, gunakan as drat agar lebih mudah. Fungsinya untuk treker guna menarik karet shock agar terlepas dari rengkes mesin. Cukup sediakan selongsong besi, masukkan as drat ke dalam selongsong tersebut, dan jangan lupa sedaiakan pengganjal.

Kamu bebas mau pakai pengganjal apapun. Bisa bearing, mur, atau lainnya. Kemudian masukkan as drat ke dalam karet shockbreaker dari arah luar. Kencangkan baut dan tambahan mur lalu putar baut di luar selongsong.

Nantinya baut yang berada di ujung as drat dalam bisa menarik karet shockbreaker agar bisa lepas. Bisa juga dengan dipukul menggunakan palu.

  1. Melepas Karet Shockbreaker di Bagian Atas Vespa

Sebenarnya, cara yang paling rumit memang melepas karet yang berbentuk oval tadi. Karet yang berada di bagian rengkes mesin memang membutuhkan tenaga dan waktu jika ingin dilepas.

Berbeda dengan jenis karet shockbreaker kedua yang letaknya berada di atas shockbreaker. Proses pelepasan karetnya bisa jauh lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Saat akan melepaskannya, kamu hanya perlu melepas tangki bensin Vespa terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya baut pengunci untuk membukanya memang terdapat dalam body Vespa.

Nah, cara untuk melepasnya adalah dengan memutar baut memakai kunci pas atau bisa juga dengan kunci ring. Saat baut sudah berhasil terlepas, tariklah dari arah bawah shock tersebut.

Kemudian, shock akan terpelas secara langsung dari body Vespa. Dengan begitu, karet yang ada di bagian atas juga akan ikut terlepas.

  1. Pasang Karet Baru

Nah, jika memang ingin menggantinya, kamu wajib memasukkan karet yang baru dengan cara yang mirip dengan yang sudah dijelaskan. Kalau memang kesulitan ketika ingin memasang karet pada rengkes mesin, kamu bisa melumurinya dengan oli ataupun sabun terlebih dahulu.

Jika memang masih kesusahan, kamu bisa pakai as drat sebagai treker agar bisa digunakan untuk menarik karet. Nantinya, bantuan dari as drat bisa membuat karetnya terpasang kembali.

Penutup

Memang, untuk memasang atau mengganti karet shockbreaker Vespa dengan yang baru sangat membutuhkan tenaga dan waktu. Namun, setelah menggantinya tentu kamu bisa menikmati kenyamanan dalam mengendarai Vespa kesukaanmu.


Leave a Reply

Your email address will not be published.