Cara Merebus Karburator Vespa Hemat Biaya

Cara Merebus Karburator Vespa Hemat Biaya

Sudah melakukan berbagai cara tapi Vespa masih tetap saja mogok dan tidak bisa dinyalakan? Mungkin kamu perlu mencoba salah satu metode yang terbilang unik. Kamu perlu coba untuk merebus karburator Vespa yang dimiliki. Kurang masuk akal memang. Namun, ada orang yang sering melakukannya.

Menurut informasi yang kami dapatkan, salah seorang pengguna Vespa pernah mencoba untuk memperbaiki berbagai komponen dalam Vespa. Ia sudah mencoba untuk membersihkan karbu, mengatasi kotoran pada selang mesin, dan mengecek perapian.

Setelah melakukannya, pemilik Vespa tersebut masih heran karena Vespa kesayangannya belum bisa dinyalakan dan tetap mogok. Suatu hari, ia membaca ulasan tentang cara untuk mengatasi Vespa mogok. Salah satunya dengan merebus karburator Vespa.

Menurutnya, merebus karburator Vespa dapat membuat komponen tersebut jadi bersih. Selain itu, ia juga mengatakan kalau performa karburatornya lebih baik dibandingkan sebelum direbus. Selain itu, masalah mogok yang dialaminya bisa beres seketika saat selesai merebus karburator.

Cara Merebus Karburator Vespa

Ada satu masalah yang seringkali dihadapi ketika akan merebus karburator. Terkadang, merebusnya butuh biaya yang cukup tinggi. Tapi tenang, kami menyediakan beberapa langkah sederhana agar kamu dapat merebus karburator dengan harga yang murah. Begini caranya:

  1. Menyediakan Wadah Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu dipersiapkan tentu saja wadahnya terlebih dahulu. Hanya saja, pemilihan wadah menjadi sangat penting dalam proses ini. Wadah yang harus kamu pilih wajib memiliki ketahanan terhadap panas. Selain itu pastikan juga kalau wadahnya tidak gampang bocor.

Kamu bisa pakai wadah seperti kaleng bekas roti jika memang tidak ingin menggunakan wajan maupun panci. Kamu bisa pakai beberapa bahan bekas dan menjadikannya sebagai wadah untuk merebus karburator Vespa. Harganya bisa lebih murah.

  1. Menyiapkan Sabun Cucian

Selanjutnya adalah kamu wajib menyiapkan sabun yang nantinya akan digunakan untuk mencuci. Kamu bisa pakai sabun apapun. Namun, lebih baik pakai saja sabun pencuci piring agar harga belinya tidak terlalu mahal.

Selain itu, sabun cuci piring juga bisa dengan mudah ditemukan. Kamu bisa beli di toko kelontong atau toko terdekat. Menurut informasi, pemilik Vespa yang merebus karburatornya memang hanya menggunakan sabun cucian piring saja.

  1. Rebus Air Sampai Mendidih

Setelah kamu menyiapkan sabun cucian, langkah selanjutnya adalah dengan merebus air terlebih dahulu. Jangan lupa, kamu wajib merebus air sampai mendidih. Air yang mendidih sangat bermanfaat untuk karburator.

Fungsinya adalah agar dapat mengangkat kerak yang mungkin saja sudah cukup lama menempel pada bagian luar maupun bagian dalam karburator. Nah, ketika air sudah mendidih, jangan lupa campurkan sabun cucian yang sudah kamu persiapkan.

Jangan lupa untuk mencapurkan sabun cucian ketika air sudah dalam kondisi mendidih. Baiknya tidak mencampurkan sabun cucian saat air belum mendidih.

  1. Memasukkan Karburator pada Air Rebusan

Setelah air rebusan yang dicampur dengan sabun cucian sudah mendidih, karburator yang sebelumnya sudah dibongkar bisa langsung dimasukkan satu per satu ke dalam wadah yang sudah digunakan.

Harap untuk teliti. Jangan sampai kamu memasukkan part dalam karburator yang memang tidak tahan panas. Misalnya saja, jangan memasukkan pelampung, jarum pelampung, dan beberapa bagian lain yang memang tidak resisten terhadap panas.

Perebusan karburator yang kamu lakukan, paling tidak membutuhkan waktu kurang lebih selama 30 menit. Agar hasil lebih maksimal, kamu bisa merebusnya dalam waktu satu jam.

Sebenarnya, perebusan yang optimal bisa dilihat dari seberapa kotor karburator yang kamu miliki. Jika memang memiliki karburator yang sangat kotor, mungkin waktu perebusan bisa lebih lama dari biasanya.

Nah, saat kamu melakukan tahap perebusan karburator, biasanya akan ada sejumlah kotoran yang terangkat. Kotoran tersebut berasal dari kerak yang mungkin sudah cukup lama menempel di bagian dalam maupun bagian luar karburator.

  1. Jangan Lupa Angkat Kotoran yang Muncul

Sembari merebus, kamu wajib menyediakan sendok atau alat apapun yang bisa digunakan untuk mengambil kotoran atau kerak yang terangkat. Selain tu, kamu juga bisa membersihkan karburator secara manual dengan menggosok-gosoknya.

  1. Bilas dengan Air Mengalir

Ini merupakan tahap terakhir yang bisa kamu lakukan. Setelah selesai merebusnya, kamu bisa membuang air panas yang digunakan untuk merebus karburator. Setelah itu dinginkan sejenak agar tidak terlalu panas saat dipegang.

Setelah cukup dingin, kamu bisa membilasnya dengan air yang mengalir. Proses ini dilakukan agar karburator bisa menjadi lebih bersih dan bisa menghilangkan sabun yang mungkin berbekas dalam karburator.

Kemudian, rebuslah air baru dan jangan gunakan air bekas tadi. Kemudian jika airnya sudah mendidih, kamu bisa memasukkan lagi karburator ke dalam air tersebut sekitar 10 – 15 menit saja.

Hal tersebut perlu dilakukan agar karburator bisa lebih cepat kering. Kemudian, jemurlah karburator hingga betul-betul kering. Bisa juga pakai kompresor.

Penutup

Setelah itu, kamu bisa memasangkan kembali karburator yang sebelumnya dibuka. Kemudian pasang lagi karburator ke dalam posisinya semula. Biasanya, Vespa akan bisa berfungsi kembali sebagaimana biasanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.