Cara Mudah Mengganti Lampu Depan Vespa Yang Mati

Cara Mudah Mengganti Lampu Depan Vespa Yang Mati

Ketika kamu mengendarai motor vespa yang memang menjadi kendaraan antik. Suatu ketika lampunya mati sehingga kamu pun harus bisa menggantinya sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel. Sebetulnya hal ini mudah dilakukan asalkan mengetahui caranya.

Tanpa adanya lampu di malam hari, apalah artinya motor. Tentu saja kamu pun tidak akan nyaman ketika berkendara. Bahkan bisa saja nantinya menabrak orang hanya karena tiada penerangan dari motor vespa. Jadi keberadaan lampu vespa ini terbilang penting sekali.

Dari pada harus mengganti lampu lama dengan lampu baru dibengkel yang menelan biaya. Pastinya lebih baik kamu melakukan penggantian sendiri. Karena biasanya mengganti lampu di bengkel membutuhkan biaya kurang lebih Rp 25.000 rupiah.

Cara mengganti lampu depan vespa yang mati

Dari pada harus pergi ke bengkel. Akan lebih baik jika kamu melakukan penggantian lampu depan vespa sendiri di rumah. Sebetulnya cara yang perlu dilakukan tidaklah sulit asalkan mengetahui langkahnya.

Hanya saja bagi mereka yang belum mengerti sudah pasti bakalan merasa kesulitan. Jangan merasa khawatir lagi karena kini kamu bisa melakukan penggantian lampu depan motor vespa yang mati dengan langkah berikut ini:

  1. Membuka ring lampu apabila terpasang

Meskipun memang tidak semua dari motor vespa mempergunakan aksesories tersebut. Namun masih ada pula yang tersedia aksesories tersebut. Sebetulnya untuk bisa membuka ring lampu bukan hal yang sulit dilakukan.

Kamu hanya perlu melepaskannya dengan bantuan obeng saja nantinya akan terlepas dengan mudah. Bahkan biasanya ada pula yang dilem. Semua tergantung pada keadaan sekaligus cara kita dalam mengakalinya.

  1. Membuka bagian speedometer

Biasanya untuk vespa dengan tipe super mempergunakan speedometer tipe jadul. Jadi kamu perlu membukanya hanya dengan melepas baut yang berada di bagian bawah kepala vespa dengan bantuan obeng.

Kenapa kita perlu membuka bagian speedometer? Tentu saja tak lain agar nantinya bisa memudahkan kita saat ingin mencopot lampu. Jadi penting sekali untuk kamu membuka speedometernya.

Jika nantinya sudah selesai pastinya kamu perlu mengembalikannya dalam posisi seperti semula. Pastikan mengikuti setiap langkahnya sebaik mungkin.

  1. Melepaskan kaca sekaligus viting lampu

Usahakan mendorong perlahan dari arah dalam hingga vitingnya bisa terlepas keluar. Tahanlah kaca agar nantinya tidak jatuh. Usahakan melakukan secara perlahan dan tidak perlu juga kamu terlalu ngotot.

Kamu bisa mendorongnya secara perlahan. Namun jika memang dirasa begitu sulit usahakan mempergunakan bantuan obeng yang diketuk telapak tangan secara perlahan.

Pastikan kamu melakukan semuanya secara perlahan agar nantinya tiada kerusakan yang terjadi. Ikutilah langkah demi langkah dalam penggantian lampu depan motor vespa ini sebaik mungkin.

  1. Melepaskan lampu kemudian mengganti yang baru

Ketika semuanya sudah terlepas. Maka langkah selanjutnya sudah pasti melepas lampu. Caranya pun juga mudah untuk kamu lakukan yakni hanya degan menekan lampunya dari arah luar kemudian putar perlahan sampai kuciannya bisa terlepas.

Kini kamu pun sudah bisa melakukan penggantian lampu dengan lampu baru mempergunakan cara yang sama. Kamu bisa membeli lampu baru pada toko perlengkapan motor yang terdekat.

Tentunya cara melakukan penggantian lampu depan vespa yang mati ini terbilang mudah untuk dilakukan sendiri. Jadi kamu tidak perlu lagi datang ke bengkel hanya untuk mengganti lampu motor saja.

Melalui cara di atas pastinya kalian bisa dengan mudah melakukannya. Hanya saja jika kamu masih merasa begitu ragu bahkan kurang paham hingga merasa takut terjadi sesuatu.

Akan lebih baik jika kamu datang langsung pada orang yang sudah memahami serta mengetahui caranya. Jadi nantinya kamu bisa belajar secara langsung pada mereka dalam melakukan penggantian lampu motor.

Sampai dengan sekarang ini kepopuleran dari motor vespa bisa dikatakan tiada matinya. Dari generasi bapak ibu zaman dulu sampai sekarang vespa masih saja diburu.

Hal ini tak lain karena bentuknya terbilang unik bahkan berkeinginan terlihat berbeda. Jadi wajar saja pecinta motor tua ini masih terus bertambah sampai dengan sekarang ini. Namanya saja motor legend, tentunya masih tetap melegenda di hati para penggemarnya.

Biasanya untuk vespa tua tahun 70-an ada beragam sensasi menyenangkan yang bisa kamu rasakan. Sudah pasti kamu akan memperoleh banyak pengalaman menarik ketika mengendarai vespa tersebut. Meskipun motor tua namun dari segi harga justru semakin mahal dibandingkan motor pada umumnya.

Mereka pecinta vespa rela merawatnya sebaik mungkin. Apalagi jika suatu ketika lampu motor bagian depan mati. Hal ini seakan menantang mereka untuk mengganti sendiri lampunya di rumah.

Dengan mengikuti setiap langkah yang sudah dijelaskan tadi, maka penggantian lampu depan vespa yang mati pun bisa dilakukan dengan mudah. Kamu pun akhirnya tetap bisa mempergunakan motornya seperti sedia kala.

Mengoleksi motor yang terbilang antik memang menarik dilakukan. Apalagi keberadaan dari motor tersebut semakin dicari oleh para pecinta vespa. Mereka bahkan rela membelinya dengan harga tinggi untuk bisa mengendarai motor tersebut. Semoga informasi di atas semakin memperluas pengetahuan kamu mengenai motor vespa.


Leave a Reply

Your email address will not be published.