Cara Mudah Mengganti Olor Kopling Atau Sulur Vespa yang Putus

Cara Mudah Mengganti Olor Kopling Atau Sulur Vespa yang Putus

Bagi pengguna atau pecinta motor vespa pastinya sudah pernah ngalami sulur kopling vespa terputus. Pastinya akan merepotkan sekali ketika perjalanan jauh, sulur atau olor kopling vespa terputus. Terlebih ketika anda tidak memiliki sulur cadangan, jalan satu-satunya adalah membawa ke bengkel motor terdekat.

Dampak olor kupling vespa putus adalah setiap berhenti di lampu merah, mesin motor tiba-tiba mati. Kalau ingin menghidupkan mesin anda harus mendorong sampi memasukkan gigi. Pastinya kondisi ini sangatlah melelahkan.

Biasanya para pecinta motor vespa sudah paham akan hal ini, sehingga harus menyiapkan sulur cadangan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi sulur kopling putus di saat perjalanan. Untung harga komponen ini cukup terjangkau, tergantung kualitas dan lokasi membelinya.

Penyebab Sulur Kopling Vespa Mudah Putus

Vespa merupakan salah satu motor tua yang unik dan klasik. Salah satu yang bikin motor ini unik adalah letak oper gigi yang menggunakan tangan kiri. Jarang ada motor yang menggunakan kopling di setir sebelah kiri.

Ternyata sistem ini sering menyebabkan sulur cepat putus saat mengoper gigi. Biasanya sulur atau olor kopling ini terputus di bagian kepalnya. Melihat seringnya sulur kopling ini putus, maka anda perlu memiliki sulur perseneling cadangan.

Ada yang beranggapan kalau setelan kopling yang terlalu keras atau longgar menyebabkan sulur cepat terputus. Sebenarnya masalah setelan kopling yang terlalu keras atau longgar itu tergantung kenyamanan pengguna. Sehingga bukan menjadi penyebab sulur kopling vespa cepat putus.

Banyak orang penasaran, kenapa olor kopling sering terputus? Ada beberapa hal yang menyebabkan sulur putus. Selengkapnya bisa simak ulasannya berikut ini.

  1. Ada bagian sulur kopling yang berkarat

Penyebab utama kenapa sulur kopling vespa sering terputus adalah ada bagian sulur kopling yang berkarat. Kalau sudah berkarat akan menyebabkan tarikan kopling lebih berat dan bikin sulur kopling tidak umur lama.

  1. Ada bagian hendeling atau nepel corong yang tajam

Ketika bagian hendeling atau nepel ini tajam akan menyebabkan sulur kopling cepat putus. Maka dari itu segera lakukan pemeriksaan agar masalah ini bisa terselesaikan hingga sulur kopling tidak mudah putus.

  1. Lupa melumuri sulur dengan oli saat pemasangan

Sering kali terjadi seseorang lupa melumuri oli pada sulur saat pemasangan. Ketika anda    lupa melumuri oli maka dapat dipastikan sulur kopling akan cepat putus. Jadi sebelum proses pemasangan, pastikan dulu sulur kopling yang baru sudah dilumuri oli.

Tips Mudah Mengganti dan Memasang Sulur Kopling Vespa yang Terputus

Setelah mengetahui beberapa penyebab sluru kopling vespa mudah putus, kini akan dijelaksan cara mengganti sulur kopling vespa yang baru. Anda bisa simak ulasannya berikut ini :

  1. Melepaskan olor kopling yang putus

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah melepas salur kopling yang putus. Biasanya sulur yang paling sering putus ada di bagian ujung sehingga anda bisa langsung tarik keluar koplingnya. Setelah itu baru melepas nepel pengunci untuk memasang sulur yang baru.

  1. Memasukkan sulur kopling baru

Ketika sulur kopling yang lama sudah dilepas, kini saatnya memasang sulur kopling yang baru. Pada memasang sulur pastikan perseneling ada di gigi 4 dan mengatur stang pengatur perseneling.

Proses memasukkan sulur ini bisa dimulai melalui selongsong kabel dari atas. Apabila saat memasukkan sulur alami kendala, anda bisa memelintirkan sulur agar sulur tidak macet di selongsong kabel.

  1. Mengencangkan dan mengunci sulur dengan nepel

Apabila sulur sudah dimasukkan dan keluar dari selongsong, kini tahap penguncian dengan mengencangkan tuas kopling. Anda bisa mengunci sulur menggunakan nepel. Prosesnya tinggal menarik sulur dan mengencangkan tuas kopling.

Pada saat menarik sulur jangan terlalu kencang karena vespa bisa ngopling sendiri. Selain itu jangan menarik sulur terlalu renggang menyebabkan vespa tidak bisa dikopling.

Setelah tahu proses menganti sulur kopling, anda tidak mau masalah ini terulang lagi. Pastinya anda harus melakukan perawatan secara rutin terutama mengecek selang apakah ada yang menekuk atau patah.

Kemudian anda perlu memperhatikan kondisi karet apakah mengelupas atau tidak agar tidak ada air yang masuk. Ketika sudah ada air yang masuk akan menyebabkan sulur karatan dan bikin sulur tersendat. Kalau sudah demikian sulur kopling akan cepat putus.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah memberi pelumas secara rutin agar tidak mengeras. Hal kecil ini memang sering diabaikan dan tanpa disadari bikin sulur kopling sering putus.

Itulah penjelasan mengenai beberapa langkah untuk mengganti sulur atau olor kopling yang putus pada motor vespa. Sebenarnya cara ini tidak sulit, kalau masih belajar anda bisa menta ajari orang yang sudah mengerti. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang ingin melakukan perawatan motor vespa secara mandiri.


Leave a Reply

Your email address will not be published.