Inilah Deretan Istilah Dalam Dunia Vespa Yang Harus Kalian Tahu

Inilah Deretan Istilah Dalam Dunia Vespa Yang Harus Kalian Tahu

Siapa sangka meskipun kendaraan bermotor keluaran tahun tua sekalipun. Ternyata masalah kepopulerannya motor vespa masih saja hadir. Motor tersebut bisa dikatakan tidak pernah termakan oleh zaman. Bahkan sekarang banyak orang berusaha memilikinya.

Wajar saja semakin kesini dari segi harga terbilang lebih mahal. Meskipun mereka sudah mempunyai uang, belum tentu juga mereka rela melepaskan vespanya kepada calon pembeli.

Vespa dua tak saat ini sudah masuk dalam kategori barang unik. Apalagi memang motor tersebut sudah tidak diproduksi lagi. Jadi selalu akan ada cerita tercipta saat berkendara menggunakan vespa.

Adapun sesuatu hal yang berbeda antara vespa dengan motor lainnya tentu saja mengenai istilah yang hadir. Jadi kamu harus paham betul tentang setiap istilah yang berada pada motor vespa.

Istilah dalam dunia vespa yang perlu kamu ketahui

Sebagai pengguna motor tua atau vespa seharusnya kamu mengerti beragam istilah menarik dalam dunia vespa. Mungkin saja sebetulnya beragam kata ini tidaklah asing terdengar dalam dunia vespa.

Sehingga kata-kata tersebut juga menjadi ciri khas tersendiri dari motor vespa. Supaya lebih jelas lagi sebaiknya menyimak beragam istilah berikut ini:

  1. Mesin kanan

Istilah yang satu ini memang begitu lekat sekali dengan motor vespa 2 tak. Dimana kendaraan ini memang berbeda sekali dengan kendaraan lain yang mempergunakan rantai sebagai penghubung ke roda.

Vespa biasanya mempunyai as roda langsung dari mesin. Jadi meskipun mesinnya terbilang lebih menonjol menuju luar ke arah kanan. Dengan adanya karbu, pengapian, buring, kipas bahkan semuanya terletak di bagian kanan. Jadi tak heran lagi apabila muncul istilah mesin kanan.

  1. Scooterist

Scooterist merupakan mereka yang mempergunakan vespa sebagai kendaraannya. Jadi ada yang mengatakan seseorang itu sebagai scooterist ketika mengendarai vespanya dalam jarak yang jauh.

Sementara itu makna yang lebih mendalam lagi sebetulnya bukan hanya sekedar mempunyai vespa. Namun rasa yang tercipta dari vespanya. Mulai dari rasa persaudaraan yang terbilang kuat bagi sesama pengguna vespa dan lain sebagainya.

  1. Oli Samping

Mungkin saja istilah oli samping ini bagi pemilik kendaraan dua tak sudah umum dikenali. Hanya saja bagi mereka yang sebelumnya memang belum pernah menyentuh motor dua tak akan merasa asing dengan istilah tersebut.

Oli samping sebetulnya merupakan oli campuran untuk dicampurkan dengan bensin. Jadi wajib sekali mencampurkan olinya ke bensin supaya mesin vespa tidak ngejim. Kini sudah tersedia dua macam oli unuk vespa yakni oli samping dan oli mesin. Keduanya mempunyai fungsi tersendiri.

  1. Vespa perlu dimiringkan ke kanan

Mungkin saja kalian begitu sering melihat pengguna vespa memiringkan motor mereka ke arah kanan. Bagi mereka yang belum mengerti alasannya sudah pasti akan merasa penasaran.

Padahal cara tersebut sengaja dilakukan supaya nantinya bensin yang berada dari karburator nantinya bisa turun langsung menuju ruang bakar. Dengan begitu mesin vespa pun mudah untuk dinyalakan. Fungsinya sebetulnya sama halnya cook di motor pada biasanya.

Sebetulnya di vespa juga ada cook hanya saja tampilannya memang berbeda dengan kendaraan roda dua pada umumnya. Jadi kamu pun harus paham akan hal ini. Tanpa dimiringkan ke kanan terlebih dahulu mungkin saja motor vespa bakalan sulit untuk bisa dinyalakan.

  1. Amunisi

Sebetulnya istilah amunisi tidak hanya ada dalam dunia vespa saja melainkan juga klub motor lainnya. Hanya saja kata amunisi juga terbilang cukup populer. Terlebih untuk klub vespa ini.

Biasanya saat acara vespa berlangsung, ada beberapa orang menjual amunisi hanya dengan membuat sebuah tulisan di kardus. Amunisi sendiri sebetulnya adalah minuman memabukan.

Hanya saja kalau di vespa yang cukup populer tentunya bekonang asal dari daerah Sukoharjo. Tentunya tidak semua anak vespa suka minum. Semuanya tergantung pada lingkungan mereka sendiri.

  1. Gigi Borobudur, Gigi Palang,Gigi Susun dan Gigi Kapak

Inilah yang mungkin menjadi keunikan tersendiri dari motor vespa. Dimana nama part-part tersebut memang berada dalam mesin vespa. Pastinya nama tersebut tidak akan kita jumpai seperti halnya pada kendaraan lainnya.

Apabila kamu terbilang sering dalam mengutak-atik mesin vespa. Pastinya merasa tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Terlebih bagi mereka penjual sparepart vespa yang paham betul akan beragam istilah tersebut.

Itulah tadi beberapa istilah menarik dalam dunia vespa yang perlu kamu ketahui. Sebetulnya mungkin masih cukup banyak istilah menarik lainnya. Di atas hanya beberapa saja yang dijelaskan untuk menambah ilmu pengetahuan kamu tentang vespa.

Motor vespa dua tak meskipun telah lama kehadirannya namun tetap mampu memikat hati para peminatnya. Jadi wajar saja sampai dengan sekarang ini dari segi harganya juga masih mahal.

Mungkin saja setiap daerah di Indonesia berbeda untuk istilahnya tadi. Namun setidaknya dengan penjelasan di atas, kamu semakin paham akan beragam istilah yang berada dalam dunia vespa.

Semoga dengan hadirnya penjelasan di atas mampu memperluas pengetahuan kamu terkait istilah dunia vespa. Bagaimana pun juga vespa tetap menang dihati para penggunanya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.