Kenali Penyebab Busi Vespa Cepat Gosong

Kenali Penyebab Busi Vespa Cepat Gosong

Busi vespa adalah komponen utama yang berada dalam kendaraan dengan fungsi menghasilkan api yang nantinya dipergunakan untuk pembakaran. Adapun salah satu jenis kendaraan yang mempergunakan busi tentu saja vespa.

Motor tua tersebut membutuhkan perawaran yang terbilang khusus. Terlebih dengan komponen vespa yang mungkin sudah sulit kita temukan di tokonya. Vespa biasanya mempunyai busi yang terbilang rentan basah bahkan kotor.

Hal ini bisa terjadi tak lain karena sudah terjadi pembakaran oli samping serta bensin yang terbilang kurang sempurna. Pada motor vespa busi sering alami banjir. Dimana bensin nantinya jatuh dalam busi sehingga kemiringan motor pun ke arah kanan.

Jika sudah begini maka bensin pun akan membasahi pemantik api yang ada dalam bagian busi. Selain itu ada pula masalah yang sering terjadi pada vespa yakni businya begitu cepat gosong.

Masalah tersebut seringkali dikeluhkan para pengguna vespa. Jika businya cepat gosong maka kinerja busi pun juga ikut terganggu. Bahkan parahnya lagi vespa nantinya akan sering mogok.

Terlebih vespa biasanya begitu sulit untuk dinyalakan ketika businya sudah gosong. Untuk bisa memperoleh performa vespa yang maksimal. Maka kamu pun harus rajin menservice sepeda motor. Terlebih memperhatikan bagian businya.

Alasan mengapa busi vespa cepat gosong

Sebetulnya warna busi yang terbilang bagus itu adalah warna merah bata. Apabila busi gosong tentunya warnanya tidak lagi demikian. Lantas akankah kamu mengerti apa saja yang menjadi penyebab busi vespa cepat gosong?

Buat kalian yang merasa penasaran sebaiknya menyimak beragam penyebabnya berikut ini:

  1. Bensinnya terlalu boros

Bahan bakar dari vespa 2 tak memang membutuhkan campuran oli samping. Jadi saat bensinnya masuk dalam ruang bakar melebihi kebutuhan mesinnya. Maka bahan bakar yang tercampur dnegan oli tidak akan terbakar sempurna dalam ruang bakar.

Sebetulnya bensin boros itu berasal dari bagian karburator vespa. Biasanya hal ini dikarenakan ukuran spuyer yang terbilang kurang tepat kemudian setelan anginnya bahkan bisa juga jarum serta pelampungnya bermasalah.

  1. Terlalu banyak oli samping

Campuran oli samping dalam jumlah terlalu banyak ternyata hanya akan menjadikan busi vespa nantinya cepat gosong. Namun lebih baik sebetulnya kelebihan oli samping dari pada harus kurang.

Sebab jika oli sampingnya kurang, bisa jadi vespanya nanti bakalan ngejim. Lebih parahnya lagi akan terjadi kerusakan pada mesinnya.

Pastikan kamu mampu memberikan oli samping sesuai kebutuhan. Jadi motor vespa pun bisa berkerja maksimal ketika dipergunakan. Jangan biarkan motor vespa yang kamu miliki mogok hanya karena salah takaran penggunaan oli sampingnya.

  1. Seal kruk as mengalami kebocoran

Hal tersebut ternyata bisa terjadi dikarenakan usia dari sil kruk as memang sudah termakan oleh usia sehingga perlu dilakukan penggantian. Kemudian bisa juga dikarenakan pemasangannya masih kurang tepat. Jadinya mampu menjadikan oli mesin masuk dalam ruang bakar.

Jika oli mesinnya masuk dalam ruang bakar maka keluarlah asap dari knalpot yang nantinya juga menghadirkan bau yang begitu menusuk hidung. Hal tersebut bisa menjadikan busi terlalu banyak tertutup kerak hasil pembakaran tidak sempurna. Jadi mesin vespa pun nantinya begitu sulit untuk dihidupkan.

  1. Pengapian tidak sempurna

Ternyata pengapian yang terbilang kurang sempurna juga menyebabkan busi vespa begitu cepat gosong. Hal ini tak lain dikarenakan pengapiannya kurang sempurna. Jadi pembakaran bahan bakar dalam ruang bakarnya kurang maksimal.

Usahakan komponen pengapian yang berada pada vespa seperti halnya platina, spull, kondensor dan lainnya tidak mengalami masalah. Jadi pembakaran pun bisa maksimal serta vespa pun semakin nyaman dikendarai.

Itulah tadi berbagai macam penyebab busi vespa cepat gosong yang bisa kalian ketahui. Tentunya dengan mengetahui penyebabnya ini, kalian bisa meminimalisir resiko yang bisa terjadi.

Cara mudah atasi busi bermasalah

Tentunya kini tersedia beragam cara terbaik untuk mengatasi busi yang bermasalah. Dimana cara ini membantu para pengguna vespa melakukan perawatan pada busi vespa. Jika memang merasa penasaran sebaiknya simak penjelasan berikut:

  • Membersihkan busi vespa secara teratur setidaknya setiap 2 hingga 3 hari. Hal ini bertujuan supaya sistem pengapiannya mampu bekerja dengan baik. Sebab jika businya terawat bahkan dibersihkan maka busi semakin awet hingga kondisi mesin pun semakin prima.
  • Lakukan pembersihan juga pada bagian pemantik apik. Sebab bagian tersebut begitu rentan akan kotoran yang biasanya dihasilkan dari sisa proses pembakaran. Usahakan melakukan pengosokan pada bagian pemantik hanya dengan bantuan amplas halus.
  • Membersihkan koil yang mana komponen tersebut adalah bagian yang harus diperhatikan soal kebersihannya. Koil adalah pengubung antara koil dan busi. Usahakan melakukan pembersihan hanya dengan bantuan sikat kering agar sistem pengapiannya berjalan lancar.

Itulah tadi sekilas penjelasan menarik terkait penyebab busi gosong serta cara mudah mengatasi permasalahan pada busi vespa. Bagaimana pun juga melakukan perawatan pada busi vespa sangatlah penting dilakukan.

Hal ini berpengaruh sekali terhadap kinerja motor vespa itu sendiri. Jangan biarkan kondisi businya kotor hingga mampu menimbulkan masalah yang serius. Usahakan selalu memperhatikan kebersihannya serta menjaganya supaya tetap berada dalam kondisi prima.


Leave a Reply

Your email address will not be published.