Mengapa Vespa Tua Seringkali Dimiringkan Ke Kanan? Inilah Alasannya!

Mengapa Vespa Tua Seringkali Dimiringkan Ke Kanan? Inilah Alasannya!

Para pemilik motor vespa harusnya patut berbangga karena sampai dengan sekarang ini motor tersebut masih diburu banyak orang. Bahkan semakin kesini harganya justru semakin mahal. Mereka yang sudah memilikinya pasti merasa enggan untuk menjualnya.

Para pengguna vespa 2 tak harusnya mengerti mengapa vespa tua tersebut seringkali dimiringkan ke kanan. Kondisi seperti itu dilakukan saat kondisi mesinnya dalam keadaan dingin. Biasanya jika posisinya tidak dimiringkan terlebih dahulu maka vespa 2 tak ini bakalan sulit untuk dihidupkan mesinnya.

Kebiasaan dalam memiringkan vespa ke kanan ini pastinya berbeda sekali dengan motor lainnya. Sebetulnya tidak semua jenis vespa 2 tak dimiringka sebelum akhirnya dihidupkan.

Memiringkan motor ke arah kanan seakan menjadi kebiasaan unik para pengguna vespa tua mesin 2 tak sebelum akhirnya menghidupkan mesinnya. Apabila tidak dimiringkan biasanya kendaraan tersebut begitu sulit sekali untuk dihidupkan sehingga mau tidak mau perlu melakukan langkah tersebut.

Mungkin saja dari banyaknya jenis motor yang berada di dunia. Hanya ada di vespa yang ketika berkeinginan menghidupkan motor perlu memiringkan terlebih dahulu. Sudah pasti kejadian tersebut menjadi hal yang terbilang unik bahkan menjadi ciri khas tersendiri untuk sebuah vespa tua.

Alasan vespa tua dimiringkan ke kanan

Mungkin masih banyak sekali yang belum paham mengapa sebelum menghidupkan mesinnya. Motor vespa tua itu harus dimiringkan ke arah kanan terlebih dahulu. Semuanya akan terjawab dengan hadirnya penjelasan di bawah ini:

  1. Mengalirkan bensin dari karburator

Biasanya untuk motor vespa yang sulit dihidupkan itu dikarenakan mesinnya dalam keadaan dingin. Semisal saat pagi hari setelah beberapa jam mesinnya tidak menyala.

Supaya mampu memudahkan kita dalam menghidupkannya. Maka para pemilik vespa pun memilih memiringkan vespanya. Jadi setelah vespa dimiringkan mesinnya bakalan mudah hidup.

Sebetulnya alasannya terbilang mudah yakni mampu mengalirkan bensin yang berasal dari karburator sehingga masuk dalam ruang bakar mesin. Fungsinya sebetulnya sama halnya dengan chok yakni mensuplai bakar bakar agar mampu masuk dalam ruang bakar.

Sebetulnya pada vespa sendiri ada pula chokenya. Hanya saja kebanyakan kabel yang dipergunakan untuk menarik chokr sudah terputus bahkan tidak diganti pemiliknya. Sementara untuk mengganti fungsi choke tadi tentunya hanya dengan memiringkan vespanya ke kanan.

Sampai dengan sekarang ini kebiasaan dalam memiringkan vespa ke kanan sudah menjadi ciri khas tersendiri untuk sebuah vespa tua. Padahal jika chokenya mampu berfungsi dengan baik. Kamu hanya perlu menarik tua choke tanpa harus memiringkan vespanya.

  1. Mesin dan karburator berada di sebelah kanan

Mesin vespa itu memang berada di sebelah kanan bahkan lubang hisap sekaligus karburatornya juga berada di bagian sebelah kanan. Jadi supaya bensinnya ini mampu turun menuju ruang bakar. Otomatis perlu dimiringkan ke arah kanan. Kalau dimiringkan menuju arah kiri maka bensinnya tidak mampu turun menuju ruang bakar.

Jadi simpelnya memang vespa itu mesin serta karburator untuk penghisapan bensin berada di sebelah kanan motor. Biasanya hal tersebut hanya ada pada motor vespa saja jadi motor lainnya memang tidak ada.

Sebetulnya bisa saja tidak dimiringkan jika kondisi pelampung bensin dalam kondisi normal. Hanya saja karena sebagian dari pemilik begitu malas melakukan penggantian pelampung. Makanya mereka mengakali dengan cara mengganjal mempergunakan aluminium foil. Sehingga daripada karbunya banjir lebih baik dimiringkan terlebih dahulu sebelum akhirnya dinyalakan.

  1. Kebiasaan wajib sebelum vespa dinyalakan

Siapa sangka vespa tua yang sering dimiringkan ke kanan ini seakan sudah menjadi kebiasaan wajib yang perlu dilakukan sebelum vespanya dinyalakan ketika mesin sedang dingin. Jadi kamu harus memiringkan ke kanan supaya nantinya lebih mudah menghidupkan mesinnya.

Hal tersebut bisa kamu lakukan dikarenakan vespa biasanya mempergunakan karburator tipe yang tempe. Dimana bak bahan bakar pada karburatornya berada di samping intake dengan mesinnya.

Berbeda halnya dengan mesin sekarang yang karburatornya berada di atas intake mesin. Sehingga mampu menjadikan suplai bahan bakarnya semakin lancar. Apabila kamu tidak memiringkan vespa tua ke kanan, bisa jadi mesinnya sulit dihidupkan.

Itulah tadi beragam alasan mengapa vespa tua itu perlu dimiringkan ke kanan. Tentunya dengan penjelasan di atas membuat kamu semakin paham dan mengerti akan alasannya.

Apalagi sampai dengan sekarang ini peminat vespa tua masih saja banyak. Selain motornya terbilang antik pastinya juga unik. Terlebih sampai dengan saat ini dari segi harganya juga terbilang masih cukup mahal.

Jika kamu sudah mempunyai motor vespa di rumah. Usahakan melakukan perawatan secara rutin supaya nantinya bisa dipergunakan dengan baik. Jangan sampai suatu masalah serius terjadi pada motor vespa yang kamu miliki.

Bagaimana pun juga perawatan harus dilakukan sebaik mungkin. Meskipun sekarang dari segi onderdilnya terbilang sulit didapatkan. Hal ini ternyata tidak menyurutkan mereka untuk memiliki vespa tua tersebut.

Semoga dengan hadirnya penjelasan mengenai alasan vespa tua seringkali dimiringkan ke kanan ini mampu memperluas pengetahuan kamu. Terlebih bagi kamu yang merasa penasaran dengan pembahasan tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published.