Penyebab Vespa Sering Mogok di Jalan

Penyebab Vespa Sering Mogok di Jalan

Pengendara Vespa tua tentu sudah sangat akrab dengan yang namanya mogok di jalan. Kendaraan Vespa kesayangannya tiba-tiba berhenti tanpa penyebab yang pasti. Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya memang ada beberapa penyebab utama yang bisa mengakibatkan Vespa mogok di jalan?

Meskipun sering mogok, pengendara Vespa tidak pernah kapok. Seolah mogok memang menjadi hal yang lumrah untuk sebuah motor tua. Vespa yang mogok, menurut beberapa orang memang menjadi suatu seni dalam mengendarai Vespa. Menyusahkan memang, tapi di situlah keasyikannya.

Seasyik-asyiknya mogok, tentu jauh lebih asyik jika Vespa lancar digunakan di jalanan. Untuk itu, kamu harus tahu apa saja penyebabnya lebih dulu agar bisa melakukan langkah preventif untuk mengatasinya.

Penyebab Vespa Sering Mogok di Jalan

Vespa yang sering mogok di jalan memang bisa saja disebabkan oleh banyak hal. Motor tua, memang seperti cuaca. Kadang tidak bisa diprediksi kenapa ia mengalami masalah. Namun, pada umumnya Vespa mogok disebabkan oleh hal ini:

  1. Bensin Belum Turun ke Karburator

Penyebab pertama dari mogoknya Vespa di jalan adalah bensin yang ada di dalamnya masih belum turun ke karburator. Hal ini bisa disebabkan karena kran ataupun selang bensin yang digunakan sangat kotor.

Kotornya selang dan kran pada Vespa, bisa menghambat bensin yang harusnya mengalir dari tangki menuju karburator. Guna mengatasinya, kamu wajib membersihkan kran atau selang tersebut agar alirannya jadi lancar.

Bensin belum turun ke karburator juga bisa diakibatkan oleh terhambatnya lubang kecil aliran udara. Biasanya terletak di tutup tangki bensin. Sepele memang, tapi ini sangat mungkin terjadi. Solusinya tentu dengan membersihkan kotoran yang menggangu.

  1. Bensin Banjir

Tidak hanya terhambat, bensin pada Vespa juga biasanya mengalami banjir. Istilah ini sudah menjadi hal wajar di dunia pecinta Vespa. Meskipun begitu, bensin banjir ini sangat jarang diketahui oleh pengguna Vespa pemula.

Bensin banjir merupakan istilah ketika kondisi bensin terlalu banyak masuk ke dalam ruang bakar mesin. Biasanya ditandai dengan busi yang basah oleh bensin. Kamu bisa melepas busi untuk mengetahuinya.

Hal ini bisa diakibatkan karena fungsi dari deksel, jarum, dan pelampung pada Vespa kurang maksimal. Guna mengatasinya, cukup ganti saja beberapa part tersebut dengan yang baru. Biasanya bensin banjir bisa segera teratasi.

  1. Masalah Pada Pengapian

Pengapian bisa juga bermasalah dan mengakibatkan Vespa kesayanganmu mogok di jalanan. Ada banyak bagian dalam pengapian seperti cdi, platina, coil, kondensor, spull, dan lainnya.

Kalau ada satu saja bagian pengapian di atas mengalami masalah, maka biasanya Vespa akan sukar untuk dihidupkan kembali. Guna mengatasinya, kamu bisa mengganti bagian rusak atau memperbaikinya saja. Bawa ke bengkel jika memang belum ahli memperbaiki atau menggantinya sendiri.

  1. Spi Magnet Patah

Spi magnet yang patah juga bisa menyebabkan Vespa mogok di jalanan. Selain itu, juga bisa membuat Vespa kesayanganmu jadi sulit dihidupkan atau dinyalakan. Masalah ini bisa ditandai dengan adanya ledakan kecil dari karburator atau knalpot.

Jika kamu menemukan masalah tersebut, maka ada baiknya untuk membuka terlebih dahulu kipas magnet yang ada. Setelah itu, silakan cek apakah spi yang terdapat dalam kruk as patah atau tidak.

Saat spi magnetnya memang patah, maka tentu saja kamu wajib untuk menggantinya. Tenang. Sparepart Vespa satu ini harganya sangat terjangkau. Paling hanya sekitar Rp 5.000 saja.

  1. Karburator

Karburator sebenarnya bisa disebut juga dengan jantungnya motor. Jika karburator mengalami masalah atau ‘jantung’ motor berhenti, tidak heran jika Vespa kesayanganmu bisa saja mogok di jalanan.

Saat karburator Vespa mengalami masalah, tentu saja fungsi dan performa dari Vespa juga akan terganggu. Bahkan masalah pada karburator juga bisa mengakibatkan Vespa kesayanganmu jadi susah untuk dinyalakan.

Hal ini memang sangat terjadi pada Vespa dan kendaraan bermotor pada umumnya. Guna mencegahnya, kamu wajib merawat karburator agar ia masih dapat berfungsi dengan optimal dan bekerja sebagaimana biasanya. Jadi, sering-sering dirawat, ya!

  1. Seal Kruk As Jebol

Salah satu masalah atau penyebab dari mogoknya Vespa di jalanan adalah seal kruk as yang jebol. Bisa dikatakan, masalah ini memang merupakan masalah yang cukup serius pada Vespa.

Pasalnya, seal tersebut ada dalam mesin. Hal tersebut juga berpengaruh ketika kamu akan memperbaikinya. Lantaran terletak dalam mesin, maka mesin harus dibelah guna menggati seal kruk as yang mengalami jebol.

Sebenarnya, ada cara yang bisa dilakukan jika kamu ingin mencegahnya. Bisa dengan sering melakukan pengecekan sebelum mengendarai Vespa lalu menggantinya dengan yang baru terlebih dahulu.

Oli yang kurang pada mesin juga bisa menyebabkan seal kruk as jebol. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga oli mesin yang digunakan.

Penutup

Itulah beberapa hal yang dapat mengakibatkan Vespa sering mogok di jalanan. Alangkah lebih baiknya jika kamu sering melakukan pengecekan terhadap kondisi motor tua ini sebelum digunakan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.