Tips Membuat Bodi Vespa Tua Lebih Kilap

Tips Membuat Bodi Vespa Tua Lebih Kilap

Sebenarnya ini merupakan hal biasa dan banyak orang yang sudah mengalaminya. Mungkin kusam karena terlalu jarang dibersihkan atau karena umurnya yang sudah tua serta banyak debu menempel.

Usia vespa yang sudah sangat tua juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Jika diibaratkan kulit manusia ialah kulit mati lalu menempel menutupi kulit luar sehingga kulit tersebut terlihat kusam bahkan terlihat tidak segar. Sementara itu cara untuk bisa mengatasinya ialah dengan membersihkan kulit mati tersebut agar dapat lebih bersih serta nampak semakin cantik.

Begitu pula dengan vespa yang memiliki cata memudar sehingga menutupi cat asli dan warna vespa nama kotor dan juga kusam. Nah, agar bisa membuat penampilan vespa tak terlihat kusam, beberapa langkah yang perlu dilakukan ialah membersihkan debu tersebut serta cat ves[a yang telah memudar.

Cara Membuat Cat Bodi Vespa Terlihat Lebih Keren

Mungkin jika hanya dimandikan saja perubahan yang terlihat tak terlalu nampak. Salah satu langkah ampuh yang bisa kamu lakukan ialah dengan memakai compound atau banyak dari mereka yang menyebutnya kompon. Benda ini berguna untuk bisa mengikis atau mengangkat area paling luar cat vespa yang telah kusam sehingga vespa nampak lebih bersih.

Pasalnya fungsi kompon disini bersifat mengangkat cat. Kemudian, pemakaiannya sendiri juga perlu dibatasi lantaran bisa membuat cat vespa akan jadi lebih tipis.

Ada berbagai jenis kompon mulai dari yang cair, halus, dan kuat. Masing-masing kompon punya kegunaan yang berbeda-beda, semakin kuat kompon itu maka daya angkat cat juga semakin besar sehingga perlu memakaianya sesuai keperluan.

Untuk cara penggunaan kompon ke bodi vespa, kamu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

  • Oleskan Kompon di Bodi Vespa

Cara pertama yang harus kamu lakukan ialah mengoleskan kompon di bodi vespa dengan menyeluruh, tapi upayakan tipis saja. Kamu bisa mengoleskannya mulai dari kepala, slebor, bodi, tepong sampai semua lapisan terolesi kompon.

Langkah pengolesannya sendiri tak perlu berlebihan. Yang paling penting oleskan dengan merata, hal ini dilakukan agar tak ada area yang kamu lewatkan.

  • Gosok Memakai Kain Bersih

Selepas bodi vespa sudah kamu olesi kompon, hal selanjutnya ialah menggosok bodi tersebut memakai kain bersih. Fungsi kain bersih disini ialah agar tak ada kotoran pada kain yang malah akan mengotori bodi vespa.

Kamu bisa menggosok semua area yang telah terolesi kompon dan pakai sedikit tenaga saat menggosoknya. Kemudian lihat ke kain tersebut, nantinya akan muncul kotoran serta cat luar yang terangkat.

  • Poles Memakai Pengkilap Warna Motor

Supaya dapat mengoptimalkan warna cat vespa agar lebih bersih dan mengkilap, langkah terakhir yang perlu kamu lakukan ialah memolesnya memakai wax atau spray yang banyak ditemui di pasaran. Pakai sesuai petunjuk yang tersedia di kemasan.

Hal seperti ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk biayanya sendiri tak terlalu mahal. Tapi yang terkuras mungkin hanya tenaga yang kamu keluarkan untuk menggosok bodi vespa, he he..

Tips Lain Supaya Bodi Vespa Tidak Kusam

  • Jangan Terlalu Lama Terkena Sinar Matahari

Sering terkena sinar matahari langsung akan berdampak negatif untuk bodi vespa kamu. Hal ini biasanya dapat terjadi ketika memarkir motor. Kalau terlalu lama mendapat sinar matahari langsung yang didalamnya terkandung ultraviolet bakal merusak lapisan cat. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari memarkir motor vespa yang terkena sinar matahari langsung. Disamping itu, suhu matahari yang sangat panas dapat membuat pernis cat menjadi retak.

  • Menggunakan Beeswax

Beeswax tak hanya dipakai untuk produk kecantikan, akan tetapi dapat digunakan mengkilapkan motor serta hasilnya cukup bagus. Sejumlah produk perawatan bodi kendaraan yang umumnya ditemukan di pasar mengandung beeswax. Jadi, kamu tak harus khawatir untuk membeli beeswax dengan bentuk yang asli.

  • Rajin Mencuci

Jangan sampai malas untuk mencuci vespa kesayangan, pasalnya hal ini dapat menyebabkan debu atau kotoran yang menumpuk di permukaan cat yang dimana ini sanggup membuat bodi vespa terlihat semakin kusam. Kamu bisa membuat jadwal mencuci vespa sendiri, upayakan lakukan secara rutin, sekitar seminggu dua kali.

  • Keringkan Setelah Dicuci

Jangan lupa juga untuk mengeringkan vespa setelah kamu mencuci, upayakan sampai betul-betul kering. Jangan ada air yang masih tersisa, selepas mencuci air akan mengendap ke bodi, sebab kalau dibiarkan itu dapat menimbulkan bercak air dan memudarkan cat di bodi vespa.

  • Mencuci Setelah Terkena Hujan

Segeralah untuk mencuci vespa setelah terkena hujan, minimal mengelapnya menggunakan air bersih. Sebenarnya kandungan di air hujan adalah asam nitrat, apalagi untuk kamu yang berada di daerah dekat laut.

Mungkin itu saja sedikit ulasan di atas, semoga bisa memberi manfaat dan kamu bisa mempraktekkannya sendiri. Jika tak ingin ribet atau mengeluarkan tenaga banyak, kamu hanya perlu membawa vespa ke tempat poles bodi motor. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.