Penyebab dan Cara Mengatasi Piston Seher Vespa Jebol Atau Bolong

Penyebab dan Cara Mengatasi Piston Seher Vespa Jebol Atau Bolong

Sebagai pemilik motor vespa pastinya kamu tidak ingin motor kesayangan mengalami kerusakan parah. Salah satu masalah yang sering terjadi pada motor vespa adalah masalah seher atau piston vespa jebol.

Kalau membahas mengenai seher vespa yang jebol, pastinya jangan sampai masalah ini terjadi. Terlebih kamu suka melakukan perjalanan jauh, tiba-tiba seher vespa jebol pasti membuat kamu tambah stres. Ketika seher atau piston ini jebol atau bolong tentu mesin sudah tidak bisa menyala.

Ketika motor sudah alami piston jebol kamu perlu merogoh dana lebih besar untuk menggantinya. Kamu perlu memilih bengkel motor vespa yang terpercaya agar hasilnya bagus dan performanya kembali sempurna.

Penyebab Piston Atau Seher Vespa Jebol

Sebagai pemilik vespa pastinya kamu akan berusaha untuk merawat secara rutin. Lebih baik mencegah daripada memperbaiki dengan biaya membengkak. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena harus melakukan pergantian komponen mesin.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa penyebab piston atau seher vespa jebol. Selengkapnya bisa simak ulasannya berikut ini :

  1. Tidak memperhatikan oli samping

Perlu kamu ketahui bahwa oli samping memiliki peranan penting pada 2 stroke vespa. Memang sudah ada takaran oli yang dicampurkan pada 1 liter bensin. Namun masih banyak yang bingung mengenai takaran oli yang pas karena tidak menggunakan gelas takar.

Satu hal yang pasti anda bisa kira-kira sendiri berapa komposisi campuran oli dan bensin. Lebih baik anda memberi takaran lebih banyak mengenai oli samping. Terlebih kalau tidak dicampur dengan oli samping sama sekali pasti motor kamu akan bermasalah.

Kalau anda tidak percaya silahkan motor vespa kamu isi bensin tanpa ada campuran oli samping. Silahkan berkendara di jalan dan rasakan apa yang terjadi. satu masalah yang terjadi adalah piston atau seher vespa akan jebol.

Oli samping ini berperan sebagai pelumas mesin jadi jangan sampai kehabisan. Selain itu oli samping juga berperan untuk pendingin dan penyekat antar komponen. Kalau sampai kehabisan menyebabkan benturan antar komponen tidak terhindarkan.

Mulai sekarang usahakan untuk selalu menjaga oli mesin agar tidak sampai kehabisan. Lakukan perawatan dan pengecekan secara rutin agar tidak sampai kehabisan oli samping.

  1. Terlalu hemat bensin

Penyebab piston atau seher vespa jebol selanjutnya adalah terlalu hemat bensin. Selain kurang oli samping, terlalu irit bensin sebagai bahan bakar juga bisa menyebabkan masalah pada piston vespa.

Ketika volume bensin terlalu irit akan menyebabkan setelan karburator dan ukuran spuyer tidak terpenuhi. Lebih baik jangan terlalu hemat bensin agar piston atau seher tidak bermasalah.

  1. Kualitas piston vespa abal-abal

Saat ini sudah banyak sekali ditemui seher atau piston vespa di pasaran dengan kualitas yang berbeda-beda. Setiap produk memiliki kualitas yang berbeda sehingga anda harus memilih yang terbaik. Harga piston sendiri juga berbeda-beda, mulai dari yang ratusan hingga jutaan.

Penyebab piston atau seher vespa cepat jebol adalah kualitas piston sendiri yang kurang berkualitas. Selain itu setiap produk piston juga memiliki usia atau masa sehingga pasti akan mengalami kerusakan. pastikan memilih piston atau seher yang berkualitas agar memiliki daya tahan yang lebih lama.

  1. Sering kebut-kebutan

Apabila kamu sering menggunakan motor vespa kebut-kebutan maka akan menyebabkan piston cepat jebol. Tidak hanya motor vespa saja, berlaku untuk semua motor ketika sering digunakan kebut-kebutan dengan RPM tinggi maka berdampak buruk bagi mesin.

Salah satu dampak buruk yang sering dialami adalah piston atau seher vespa jebol. Hal ini terjadi karena tidak bisa menahan kompresi yang terlalu padat dengan RPM tinggi.

  1. Mengganti piston dari motor lain

Perlu kamu ketahui bahwa setiap motor ini memiliki ukuran piston yang berbeda. Pergantian piston vespa yang berbeda dengan ukuran akan menyebabkan komponen ini cepat rusak. bahkan piston dengan ukuran diameter yang sama pun belum menjamin mesin akan lancar.

Pastikan untuk menggunakan piston vespa sebenarnya agar mesin bisa nyala dengan lancar. Jadi usahakan untuk menjadi pengguna motor vespa yang bijak agar kamu bisa merasakan sensasi kenikmatan berkendara.

Sebagai pecinta motor vespa, anda harus memiliki cara sendiri untuk menikmati saat berkendara vespa. Setiap individu memiliki caranya masing-masing ada yang suka berkendara pelan dengan menikmati pemandangan. Ada juga pengendara yang suka kebut-kebutan untuk memenuhi hasratnya.

Sebagai pemilik kendaraan vespa sebaiknya anda belajar mengenai perbaikan motor secara mandiri. Hal ini bertujuan untuk mengatasi masalah ketika di perjalanan tanpa tergantung bantuan orang lain. Nah, dengan bekal pengetahuan kamu bisa bongkar mesin vespa secara mandiri.

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab seher atau piston vespa jebol. Jadi mulai sekarang anda harus lebih memperhatikan hal-hal diatas agar piston vespa tidak mudah rusak. lebih baik melakukan pencegahan daripada harus mengganti dengan harga mahal.


Leave a Reply

Your email address will not be published.